Home    About Me    Equipment    Aktivitas    Astrofotografi    Observasi    Downloads   Video    Gallery    Tamu   

Sabtu, 11 Agustus 2012

Perseids Meteor Shower 2012 - Okultasi Jupiter

ALERT..! " Satu Malam Dua Cinta " di malam Minggu 11-12 Agustus 2012

Bagi anda pecinta meteor dan pecinta planet, maka malam ini (Malam Minggu) jangan anda lewatkan karena menjelang hingga lepas tengah malam kita akan disuguhi hiburan pengantar sahur berupa Pertunjukan Meteor Perseids dan Okultasi Jupiter atau tertutupnya Jupiter oleh Bulan.


Perseids Meteor Shower @ 23.00 WIB - Subuh
Malam Minggu ini menjelang tengah malam hingga Minggu dinihari menjelang Subuh langit akan disuguhi tontonan spektakuler yaitu hujan meteor. Hujan meteor yang dikenal dengan nama Perseids Meteor Shower akan turut menyemarakkan HUT RI ke-67 tahun ini. Dinamakan Perseids karena meteor ini seolah berasal dari Rasi Perseus. Perseids merupakan salah satu fenomena hujan meteor terbesar setiap tahunnya. Asal meteor shower Perseids disebabkan oleh sisa-sisa debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang pertama kali teramati pada tahun 1862. Swift-Tuttle begitu legendaris karena pada 14 Agustus 2126 diramalkan bakal berbenturan dengan Bumi. Perseids dapat menampakkan 80 s.d. 100 meteor setiap jam saat 'peak' pada malam ini serta kecepatannya yang mencapai 60 km/detik menjadikan shower ini terlihat bergerak lebih cepat dibanding meteor lain. Shower ini juga dikenal dapat menghasilkan goresan cahaya yang panjang terutama jika ia berada cukup jauh dari radiantnya. Pandangalah ke arah area Langit Utara agak rendah sebab radiant shower ini berada di Rasi Perseus. Terbit di arah Timur Laut sekitar pukul 11 malam. Cahaya bulan kali ini memang cukup mengganggu kenampakan Perseids dikarenakan pada fase bulan tua sehingga masih menyisakan cahaya selepas tengah malam. Namun jangan khawatir menjelang pukul tengah malam hingga menjelang pukul 02.00 dinihari langit akan cukup gelap untuk bisa menyaksikan Perseids. Rasi Orion yang menawan di Timur akan menemani anda dalam pengamatan. Shower ini dapat disaksikan mulai pukul 22.00 malam sampai pagi sebelum fajar. Segera cari tempat gulita, berbaringlah rileks, konsentrasi dan nikmatilah pertunjukan Perseids kali ini. Jangan lupa hitung berapa meteor yang dapat anda saksikan malam ini.


Moon Occult Jupiter @ 2:15 WIB
Pagi ini Planet Jupiter terokultasi atau tertutup oleh permukaan Bulan. Peristiwa itu sendiri sebenarnya mulai terjadi pada pukul 01:11 WIB saat Jupiter mulai tertutup oleh Bulan. Namun untuk kawasan Indonesia Barat peristiwa tersebut belum bisa bisa disaksikan karena bulan baru terbit sehingga masih sangat rendah. hampir selama 1 jam Jupiter akan berada di balik Bulan dan baru akan terlihat kembali pada pukul 2:15 WIB di sisi atas Bulan atau sisi gelapnya pada saat posisinya setinggi 2 kepalan tangan di Langit Timur.

Clear and dark sky! happy watching

1 komentar: